Media Swedia kehilangan daya tarik atas putusan iklan Perjudian Sbobet

Media Swedia kehilangan daya tarik atas putusan iklan Perjudian Sbobet

Pengadilan Swedia telah memberikan pukulan kepada kemampuan media lokal untuk memperoleh pendapatan iklan dari situs perjudian daring yang berlisensi internasional.

Pada hari Senin, badan regulasi Lotteriinspektionen Swedia merayakan keputusan oleh Pengadilan Tinggi di Jönköping yang menjunjung tinggi putusan pengadilan bawah bahwa iklan perjudian online di situs web yang dijalankan oleh media Aftonbladet dan Expressen tidak termasuk dalam batas kebebasan berekspresi.

Kasus ini berasal pada September 2013 setelah Lotteriinspektionen pergi setelah dua saluran media melalui publikasi tautan situs web mereka ke situs perjudian internasional. Koran-koran menantang putusan – dan SEK45k (US $ 4.940) denda yang diupayakan oleh regulator untuk setiap hari, situs-situs tersebut terus menampilkan tautan – berdasarkan pernyataan mereka bahwa tautan yang dapat diklik bukan merupakan iklan.

Keputusan Pengadilan Banding menyatakan bahwa tautan situs-situs tersebut ke operator perjudian internasional adalah “sifat komersial yang jelas” dan karena itu tidak memenuhi syarat untuk dilindungi berdasarkan undang-undang kebebasan berekspresi. Pengadilan selanjutnya memutuskan bahwa pembatasan periklanan yang diperinci dalam Undang-Undang Perjudian tahun 1994 di Swedia tidak melanggar hukum Uni Eropa.

Media Swedia menikmati pendapatan rekaman dari iklan perjudian di tahun 2017, sangat sedikit yang dihabiskan untuk mempromosikan (untuk sekarang) monopoli perjudian yang dikelola negara, Svenska Spel. Tapi Lotteriinspektionen telah menjadi semakin berani dalam memperingatkan outlet media lokal untuk mengekang hubungan mereka dengan operator perjudian internasional.

Direktur Jenderal Lotteriinspektionen Camilla Rosenberg mengatakan regulator berasumsi bahwa “siapa pun yang melanggar larangan promosi dengan menghubungkan atau mempromosikan game asing sekarang berakhir dengan [keputusan Pengadilan Banding].”

Pada bulan Juni, legislator Swedia menyetujui Undang-Undang Perjudian baru yang akan berlaku pada tanggal 1 Januari 2019. Aturan baru ini akan untuk pertama kalinya memungkinkan operator internasional untuk mengajukan permohonan lisensi online Swedia dan selanjutnya akan membatasi iklan dengan operator yang tidak memegang lisensi lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *